Rabu, 26 November 2014

GIS : Digitasi




Digitasi adalah suatu proses mengkonversi data analog menjadi data digital dimana dapat ditambahkan atribut yang berisikan informasi dari objek yang dimaksud. Pada saat ini proses digitasi biasanya dilakukan dengan menggunakan komputer atau sering disebut Digitasi on Screen dimana komputer tesebut dilengkapi dengan software pemetaan seperti ArcGIS, ArcView atau yang lainnya.


Sumber data peta untuk digitasi dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain sebagai berikut:
  • Image Remote Sensing  adalah data yang diperoleh dari sebuah citra satelit maupun foto udara. Untuk dapat melakukan digitasi dari data seperti ini, dibutuhkan kemampuan seorang pembuat peta untuk dapat menginterpretasi objek-objek pada citra satelit.
  • Image Scanning  adalah data Scan/ Cetak berbentuk file raster dari Atlas atau peta analog lainnya. Sebelum melakukan digitasi pada data seperti ini, maka kita harus melakukan tahap Georeferensi (baca postingan sebelumnya) terlebih dahulu agar image hasil scan sudah memiliki koordinat sesuai dengan aslinya.
Proses digitasi akan menghasilkan suatu file dengan format Shapefile (.Shp) yaitu  format data vektor yang digunakan untuk menyimpan lokasi , bentuk, dan atribut dari fitur geografis. Format data Shp disimpan dalam satu set file terkait dan berisi dalam satu kelas fitur. Format data ini berisikan tentang data referensi geografis yang didefinisikan sebagai objek tunggal seperti jalan, sungai, landamark, dll. 
Data yang disimpan dapat berupa titik (point), garis (polyline) dan poligon (polygon). Penggunaan jenis data tersebut bergantung dari objek yang akan kita rekam. 
  1. Titik (point), digunakan untuk menggambarkan suatu objek dengan suatu pusat. Contohnya kota, fasilitas umum, dan lokasi lain.
  2. Garis (polyline), digunakan untuk menggambarkan suatu objek dengan bentuk memanjang. Contohnya jaringan sungai dan jalan.
  3. Poligon (polygon), digunakan untuk menggambarkan suatu objek yang memiliki luasan atau wilayah. Contohnya wilayah kota, tutupan lahan, batas areal konsesi, blok, petak, dll.
 
Posting selanjutnya akan membahas bagaimana cara melakukan digitasi untuk

12 komentar:

  1. Terima kasih buat informasinya. ini sangat bermanfaat sekali untuk praktek mandiri.

    kunjungi website saya, iya di http://dejesus.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya saya jadi tahu mengenai konsep digitasi dan sumber data peta untuk digitasi ada data image raster dan data tabular. dan mengetahui juga bahwa Proses digitasi akan menghasilkan suatu file dengan format Shapefile (.Shp)
    kunjungi website saya http://jeje.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. terima kasih atas artikelnya om,sangat bermanfaat,penjelasannya juga bagus,menambahkan pengetahuan saya tentang digitasi.
    jangan lupa kunjungi website saya ya : http://ferdiyanto.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. Seperti itu pengertian dari data digitasi, terimakasih kak atas artikelnya, itu sangat membantu dan penjelasannya juga bagus, jadi saya bisa mengerti tentang data digitasi. Jangan lupa kunjungi website saya kak https://hestyns.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan kunjungi website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. terimakasih atas informasinya gan saya jadi tau beberapa bagian sumber data peta untuk digitasi dan pengertian tentang digitasi
    kunjungi website saya http://msq.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. Terimakasih untuk penjelasan singkatnya, ternyata proses digitasi akan menghasilkan suatu file dengan format Shapefile (.Shp) yaitu format data vektor yang digunakan untuk menyimpan lokasi , bentuk, dan atribut dari fitur geografis.
    kunjungi website saya di https://fitriyanti.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya di http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak untuk informasinya, sangat lengkap dan mudah dipahami. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
    Jangan ragu kunjungi blog saya http://knifelife5.blogspot.com/ dan website kampus saya www.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  9. Terimakasih kak atas artikel gis nya
    Perkenalkan nama saya sofian sabudin dari kampus ISB atma luhur.

    BalasHapus
  10. Makasih kaka dengan ini ilmu saya semakin bertambah mengenai GIS dan Remote Sensing.Perkenalkan kak nama saya Monalisa Nim : 1822500038 dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About